Friday, January 21, 2011

Passing Grade Arsitektur Interior UI

Hemm gara-gara kemarin ikutan acara bedah kampus di SMA saya, SMAN 28 Jakarta, jadi inget gimana perjuangan buat tembus PTN yang dipengen
Setiap hari kerjaannya ngisiin soal, ngebulet-buletin jawaban, sampai rumah pun kerjaannya bacain catetaan aja

Trus dulu saya juga sempet bingung, labil dan galau buat mikirin jurusan apa yang gw pengen hhehee
Pilihan pertama sih maunya FSRD ITB, tapi apa daya, ayah ga setuju dengan embel-embel seni yang agak abstrak. Seni itu, kalo beneran murni seni banget dan kita bukan orang yang jenius akan seni, kita akan terlunta-lunta, begitu kata ayah saya. Saya pun sebenernya agak ga setuju dengan komennya.
Tapi yasudahlah, kata ayah, kalo saya suka gambar, mending cari yang ada sains dan penerapannya. Hemm apalagi kalo bukan arsitektur? Hoo oke, saya coba cari tentang arsitektur

Ternyata, UI menyediakan 2 pilihan arsitektur, yaitu arsitektur dan arsitektur interior
Tapi semakin dicari, semakin ditelusuri, ternyata passion gw lebih ke arsitektur interior, entah kenapa hhahaa
Bahkan gw udah ikut seleksi UM UGM dan lolos di jurusan Arsitekturnya yang katanya lebih bagus dari Ars UI

udah ngambil almamater UGM juga hhaa :p


Tapi, tapi, tapiiii... tetep aja passion adanya di Interior, biar semua orang bilang saya bodoh buat milih jurusan yang bahkan baru dibuka 3 tahun ini, entah kenapa, gw tetap kekeh dan berusaha ga menggubris pendapat orang. Bukan karena gak mau ngekos di Jogja, bukan karena takut jauh dari orang tua, bukan karena saya gak bisa mandiri, bukan. Saya berhak memilih pilihan yang saya inginkan, kan? Pertimbangkan apa yang baik buat kamu, makin kamu tanya ke orang lain, semakin kamu bingung, tanyalah ke dirimu sendiri, begitu kata ayah

Mudah-mudahan pilihan ini gak salah, semua memang ada plus dan negatifnya kok. Jalani apa yang ada dan kita harus total yeeaaah

hoo oke curhatnya. Sekarang gw mau memperlihatkan perbandingan passing grade Interior UI yang agak mencengangkan O__o

Waktu tahun gw, 2010, Interior itu masuk urutan agak bawah-bawah, bareng sama teknologi bioproses yang baru dibuka tahun ini. Kalau gak salah, passing grade Interior sekitar 30an % deh

 sumber : disini

Naaah terakhir adek gw bilang, katanya passing grade Arsitektur Interior tinggi, lebih tinggi malah dari Arsitektur. Hemm kaget bukan kepalang gw dengernya hhahaaa
Mungkin karena daya tampung kita lebih sedikit kali yak.
Tahun ini, kelas Interior gw penghuninya cuman 45 orang. Tadinya 48, tapi 2 orang pindah ke STAN, atu lagi auk kemana dah
Maka itu, untuk menghilangkan rasa penasaran gw, gw coba cari deh hhaa
Eeeh nemunya ini

sumber : here

 Masa jadi melejit sampe 49,5 % ???

Humm yasudalaah hhahaa yang penting gw udah masuk :p
Teman-teman yang ingin masuk interior, ayoo berjuang hhahaa
Kami tungguu yaa hhee :D

96 comments:

  1. terima kasih atas info nya
    doakan saya ya kak smoga bisa masuk interior ;)

    ReplyDelete
  2. harus pinter nggambar bgt nggak ya kalo msk a. interior?
    msknya nggak pake ujian praktek?
    :)makasih.

    ReplyDelete
  3. setau aku ga pake kok, kayak ujian snmptn biasa.. hemm ga usah mesti pinter gambar, soalnya nantinya kita belajar bener-bener dari awal, dari cara megang pensil trus bikin garis lurus malahan, jadi tenang aja ok ;D

    ReplyDelete
  4. kaka aku lulus interior UI loh :) mau tanya biaya persemester nya itu berapa ya? denger2 mahal ya kak?

    ReplyDelete
  5. yeeei selamat yaaaaaa shabrinaaa
    biaya persemester untuk fakultas teknik MAKSIMAL 7,5, tapi setiap anak UI BERHAK untuk mengajukan BOP-B, setiap anak UI berhak meminta keringanan Jangan kamu sia-siakan yaa BOP-B nya, sayang kalo ga diambil, karena tiap anak UI punya hak yang sama untuk dapetin ini... isi form BOP-B selengkapnya yaa..

    ReplyDelete
  6. iya makasih ya ka, tapi ka itu diisi dari pas awal pembayaran nya apa nanti pas kita udah mulai belajar disana? masalahnya yang pas pendaftaran ulang aku ga ngajuin BOP-B itu ka ;(

    ReplyDelete
  7. hemm setahuku itu sebelum masuk kuliah, coba kamu buka forum ttg BOP-B yang di web penerimaan UI, disitu lengkap kok. Kalo belum sempat mengajukan, nanti akhir semester 2 bisa ngajuin lagi kok

    ReplyDelete
  8. oh gitu ka tapi nanti pas aku masuk udah gak bayar biaya semester apa masih dikenain biaya? trus kalo ars. interior itu biaya prakteknya gimana? ada biaya lain ga selain biaya semester? hhe maf ya kak bnyk tanya :)

    ReplyDelete
  9. waktu itu aku bayarnya sekalian sama uang sumbangan + semesteran, jadi smt 1 udah lunas semua, nah baru pendaftaran ulang. Hemm biaya praktek ga ada kok, ga ada biaya lain sih setahuku. Kecuali kalo kayak potokopi, beli bahan bareng2 sekelas, yaa printilan kecil2nya deh hhaa

    ReplyDelete
  10. ohhh gitu ka jadi kita bayaran paling mahal itu 7.5 ya? kaka namanya siapa si? oh ya ka kalo beli peralatan nya itu mahal2 ga? trus mg bner laptop nya itu hrus yg kapasitasnya gde soalnya hrus ada software autocadnya?

    ReplyDelete
  11. ohiya gw Ade Amelia, biasanya temen2 manggil ame hhaa
    iyaa paling mahal 7.5~
    kalo beli peralatan errr...lumayan sih tapi paling kalo senrup cuman buat pensil derwent yg satu batangnya 10rebu sama cat aer pelikan harganya 50 rebu sama cat poster yaa gitulah hhahaaa
    Laptop blom terlalu butuh sih semester 1 dan 2.. tapi iya ntar taun ke berapa gitu blajar auto cad.

    ReplyDelete
  12. ohhhh begitu kak ame hhe, kak kalo ospeknya di UI gimana sih? kejam kejam ga? thn ini kaka ikut ngrusin ospek ga? dulu kaka gimana ospeknya? seniornya galak2 ga ka?

    ReplyDelete
  13. kalo ospek UI nya biasa aja kok. Palingan yang ospek FTnya yang rada sibuk soalnya banyak tugas, tapi intinya kita mesti kompak sama temen2 seangkatan, mesti saling bantu, kuncinya disitu sih. Aku ngedaftar jadi panitia sih cuman di bagian p3k Xp
    yaa nikmatin aja ospek kan cuma sekali, nanti bakal kangen deh sama masa2 itu soalnya pas disitu satu angkatan bisa ngumpul semua

    ReplyDelete
  14. ohhh gitu kak oh iya kaka punya fb ga? aku boleh minta ga? jd penasaran sama ospeknya hhe,nanti kalo ketemu kaka jgn galak2 ya hhe, oh ya kaka ngkos apa pulang pergi?

    ReplyDelete
  15. mau tanya dong,kalo mau masuk lwt snmptn pilih jalur ipa apa ipc? soalnya saya anak ipa. trus liat desain itb kalo anak ipa harus pilih ipc. thanks for respons

    ReplyDelete
  16. masuknya lewat snmptn pilih jalur ipa, soalnya arsitektur interior masuk ke fakultas teknik, harus belajar kalkulus, fisdas jadinya mesti lewat IPA deh

    ReplyDelete
  17. boleh tau ngga, pas masuk arsitektur interior di tesnya apa aja? tes gambar juga ngga? trus tes gambar tuh kita suruh gambar gimana? minta penjelasannya ya, aku pengen banget masuk UI-arsitektur interior soalnya. makasih :)

    ReplyDelete
  18. tes masuknya sama kok kayak jurusan IPA lainnya asal lulus di snmptn/ SIMAK aja, ga ada tes gambar dan segala macemnya itu.

    ReplyDelete
  19. serius ka, itu passing grade arsitektur interior kenapa melejit.. huhuhu... jadi takut -___-"

    ReplyDelete
  20. hyaaah gw juga kaget kook hahahaa
    kalo tahun ini gimana yaa??

    ReplyDelete
  21. kaaak mau tanya dong, kakak masuk ars interior lewat jalur tertulis apa undangan??

    klo lewat undangan kira2 nilai yang dibutuhin berapa yah? agak ciut nih -_-

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. bisaa dua-duanya kayaknya. Hemm aku kurang tau kalo undangan. Soalnya tiap tahun nilai kan bisa berubah tergantung peminat dan daya tampungnya. Kalo daya tampung udah terpenuhi dengan nilai yang masuk, yaa segitu standar nilainya..
    Kalo saran aku berusaha sebaiik mungkin dan jangan jadiin patokan nilai sebagai batasan :D

    ReplyDelete
  24. Ok, thank you kak!! doain aku masuk arsitektur interior ui tahun ini yah ^^ happy new year~ :D

    ReplyDelete
  25. Sore ka Amebunny あめちゃん♪ . .
    ka bagi tips dunk, biar bisa masuk UI Ars. Interior.. ...
    minat banget nih.. :-D
    yang bisa keterima berapa orang ka..?

    thanks ka.. semoga aku bisa masuk Ars. Interior UI tahun ini.. :-D

    chandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo~~
      yang penting banyak usaha dan doa ajaa.. hhee aku juga bingung mau kasih tips apa yaa.. yg penting berusaha sebaik mungkin aja yaa

      aku kurang tau kalo semester ini berapa yang masuk, tp tahun lalu ada sekitar 40-50an mhsswa yang diterima

      Delete
  26. halo kaka :)
    mau nanya nih, kalo semester awal kurikulum yg plg sulit dipelajari apa? mtk dan fisika gitu banyak gak yg belajarnya?
    terus kalo di arsi inter UI banyak praktek atau teori?
    makasih yaa kaka sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo jugaa andhinataa :D
      semester awal kita masih kebagian mata kuliah dasar teknik, yaitu kalkulus, itu belajar mtk gitu sih. Pokoknya nanti kita dapet aljabar linear dan fisika dasar juga tp di semester berikutnya.

      Disini banyak praktek kok, tapi diimbangin dengan teori dan bacaan.
      samasamaa~

      Delete
    2. oh iya kaka, peluang kerja arsi inter UI ini biasanya dimana aja?
      terus kalo kita mau ambil S2 itu lanjutnya ke arsitektur biasa atau emg khusus ada S2 buat arsitektur inter gitu ka?

      Delete
    3. peluang kerjanya banyak banget kok, ada di post aku d blog ini, baca aja post aku selanjutnya yaa :D
      kalo mau S2 bisa lanjut kemana aja kok, mau nyebrang ke ekonomi juga bisa hhee.. tapi disini sih adanya S2 arsitektur

      Delete
    4. Halo ka mau nanya passing grade Arsitek Interior tahun 2011 brp ya ka? Thx before :-)

      Delete
  27. halo,,utk tahun 2012 interior UI cma 37 kok kak...
    gmna tuh penjelasannya?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo septian :D
      passing grade emang fluktuatif kok, kan itu dihitung berdasarkan hasil seleksi masuk tahun lalu. jadi pass grade itu cuma perkiraan untuk tahun ini. ga ada yg bisa jamin masuk berdasarkan pass grade aja, jd berusaha sebaik mungkin kalo mau diterima. ini berlaku untuk semua jurusan. Jadi tetap semangat yaa

      Delete
    2. bener yang dikatain admin, walaupun passing gradenya 37% kita harus bisa semaksimal mungkin, kalo aku yang jadi patokan sih rata2 nilai tahun sebelumnya, makanya targetin harus bisa diatas 50%

      btw, saya juga ambil arsitektur interior tahun ini ^^

      Delete
  28. hai kaka :D
    doain ya aku milih arsitektur interior nih pilihan I :)
    semoga bisa nyusul kakak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo andhinata :D
      okeee semangaaat buat masuk ars interior UI nyaaa mudah-mudahan diterima yaaa.
      semangaaat XD

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. kaaa tahun kemaren saya pilih arsitek interior, tapi gagal.. :( passing gradenya diatas 50% waktu itu. Thn ini saya mutusin ikut lagi, karena tau passing gradenya jadi 37%. Bantu doanya kaa biar saya bs lulus arsitek interior, trus jadi junior kakak deh, hhehe AMIN.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deeh semangaaat yaaa hardiii, sukses yaa semoga diterima :D

      Delete
  31. halo kaka, aku tertarik banget sama arsitektur interior UI. kemaren snmptn tulis aku jadiin pilihan 1. doain ya kak biar lolos. aamiin :)

    ReplyDelete
  32. Yes!! jadi kouhai(junior)-nya admin!! hhohooh
    salam kenal ya kak Ade Amelia.. ^^V

    ReplyDelete
  33. kakak..
    aku tertarik sama Ars interior, tp juga pengen tw tntg yang arsitektur..
    ada ga blog yg sama spt punya kakak tp mengenai arsitektur? :D
    cuma mau di buat bahan perbandingan aja :D
    mgkn temen seangkatan kakak ada yg punya :D
    makasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini beberapa post nya ada ttg tugas2 ars :) http://fathiyahfoundation.blogspot.com/

      Delete
  34. kak aku tertarik banget sama arsitektur interior, tapi kok pas aku liat tahun ini aja daya tampungnya cuma 20, peminatnya lebih dari 700.jadi pesimis-_-btw mau nanya kak,kalo di arsi interior materi eksaknya susah-susah nggak?hehe

    ReplyDelete
  35. materi eksaknya cuma ada mata kuliah dasar teknik, wajib diambil yaitu kalkulus, aljabar linear dan fisika dasar

    ReplyDelete
  36. Ka, aku memang belum kelas ujian SMA, tapi aku mau coba bertanya tentang Daya tampung, jadi daya tampung itu karena apa ya faktornya? Terimakasih :);)

    ReplyDelete
    Replies
    1. daya tampung tergantung univ/fakultas/dep nya mau nampung berapa hhoo kan ini juga menyangkut banyaknya fasilitas, kapasitas kelas dll

      Delete
  37. Kak mau tanya dong, alumni 28 ya kak? Aku jg di 28 kls 3, minat nih setelah liat blog kakak. Kalo masuk interior ini harus bisa gambar bagus gt ga ka? Sbnrnya suka gambar tp ga sampe maniak bgt tp tertarik buat msk interior ui, nilai2nya hrs bgs banget kak? Kl boleh ada fb ga ka? Makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mesti bisa gambar kok, karna akan diajarin dari awal banget, bahkan baru dikenalin sama pensil dulu, bikin garis dulu, dll. buat masuk tergantung mau masuk jalur apa. kalo niat lewat snmptn undangan ya nilai raportnya yg kira2 mencukupi hhe

      Delete
  38. ooh okee makasih kak infonya. kira2 tahun depan terima murid brp ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau soalnya itu tergantung kebijakan dep ars untuk menerima berapa banyak. Tapi dr tahun aku (2010) sampai 2012 kemarin, sda kenaikan. angktn aku total ars+interior 115 org, untuk thn 2012 total ars+interior 149 org.

      Delete
  39. Mau nanya, kuliahnya selesai dlm brp tahun ya? Trus abis lulus, bisa kerja di mana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya 4 tahun, tapi bisa lebih cepet jd 3,5 tahun tergantung sks yg diambil persemester.

      Delete
  40. Ka, mau nanya. Ars. Interior tahun ini passing grade nya berapa ya ? Soalnya setiap kali aku ikut try ouy & simulasi pg nya beda2 semua. Terus daya tampung tahun ini melalui jalur tulis cuma 10 ya kak? Tolong penjelasannya lah kak. Thx :-)

    ReplyDelete
  41. helo kak, mau tanya perbedaan arsitektur sama arsitektur interior apa aja kak? kalo udah masuk arsitektur interior harus beli meja khusus juga gak?
    terus lapangan kerjanya banyak?
    tiba2 minat masuk arsi interior UI, doain aku ya kak. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. arsitektur interior kurang lebih dapet pengetahuan dasar yg sama kayak arsitektur karna mata kuliahnya beberapa ada yg sama kok, mungkin lebih mendetail ars interior untuk material nya.
      ga usah beli meja khusus kok
      lapangan kerjanya banyak kok, ada di post ini http://forior.blogspot.com/2011/05/arsitektur-interior-ui.html

      Delete
  42. salam kenal kak,nama ku eckta. Sebelumnya thanx buat infonya kak. Awalnya aku punya niat ke FSRD juga sama kaya kakak, tpi setelah dipikir-pikir , jadi lebih ke interior. Tapi banyak yang bilang prospek kerjanya kurang banyak ,apalagi di Indonesia. Mau nanya , kalo dah lulus interior ni prospek kerjanya apa aja ka? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk prospek kerja banyak loh tp kalau kata dosen aku memang sudah lebih jelas prospeknya di luar negeri karna arsitektur interior cenderung baru di Indonesia. Bisa ke arsitektur, tata cahaya, panggung, setting film, design principal pada konsultan interior,corporate designer, mau k furniture dan produk jg bisa.

      Delete
  43. kak tahun ini aku liat di situs snmptn katanya yg mau masuk jurusan seni dan olahraga wajib mengumpulkan portofolio, berarti yg ingin masuk arsitektur interior harus mengumpulkan portofolio kan? dan disitu terturlis harus mengumpulkan 5 karya, gimana tuh kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tau sih kali soal itu ^^ tapi disini arsitektur interior masuknya ke fakultas teknik sih, bukan seni hhe

      Delete
    2. okee thanks kak :)

      Delete
  44. Mau coba arsi int. UI nihh.. tp, apa ya bedanya sama arsitektur aja? Lebih spesifik kah? atau malah lebih mata kuliahnya?? hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat post aku yg lain aa ttg mata kuliah dan deskripsi jelas kok hhe

      Delete
  45. Mau coba arsi int. UI nihh.. tp, apa ya bedanya sama arsitektur aja? Lebih spesifik kah? atau malah lebih mata kuliahnya?? hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. arsi int lebih fleksibel sih menurut aku dibanding arsitektur dan desain interior. tapi pendekatan ars interior dari dalam, sedangkan pendekatan arsitektur lebih luas dan dari luar. Mata kuliah kurang lebih sama, tapi untuk studio perancangan memang beda menunya dengan ars.

      Delete
  46. Halo kak :)
    Namaku Devy, aku juga pgn masuk ars interior ui, amiin do'ain ya kak.
    Kalo ikut lewat jalur undangan passing gradenya ngaruh ga kak?soalnya di bimbel jg dapet, passing grade tiap bimbelnya jg beda2 kak

    ReplyDelete
  47. kak, aku minat arsitektur interior. tapi gak terlalu bisa gambar. ngaruh gak kak ke belajarnya nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar itu latihan, bukan bakat murni. Semua bisa dipelajari dari awal di sini, bahkan dari cara pegang pensil :)

      Delete
  48. kak aku mau tanya waktu kakak masuk ui arsitektur interior rata-rata nilai kakak dari semester 1-5 berapa ka??? aku mau masuk itu tahun 2014 amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pakai sistem nilai raport, aku pakai tes SIMAK. Jadi pas jaman aku kalo nilai rapot kamu rata-ratanya bagus banget atau jelek banget tapi bisa ngerjain tes dan lolos, yaa masuk-masuk aja :) semangat yaaa

      Delete
  49. ,, Aku Andar ,,,, KA, aku lagi bingung nih mau jurusan apa sama kaya kakak agak beratnya sih ke arstektr, kepikiran mw di ITB, emang di UI bagus tidak? seberapa dibutuhinnya sih nilai nilai eksak yang mesti tinggi? nilai rata -ratanya berapa? masalahnya klau soal nilai agak kurang, trus kalau kuliah itu ada tes gak #cuma nanya. kaya ulangan gitu, nd ngapain aja sih tugas2 nya oh ya, biayanya berapa kalau di UI mahal tak?, aku klas 3 SMA sekarang ,please please2 tolong dijawab ya kak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau UI dan ITB dua-duanya sama-sama bagus, cuma bedanya mungkin kalo ITB adanya arsitektur di SAPPK dan desain interiornya di FSRD. Nah kalo di UI, kita ada jurusan arsitektur dan arsitektur interior di satu departmen dalam Fakultas Teknik. Mungkin kalau jurusan arsitektur agak sama. Nah kalau UI punya arsitektur interior yang di Indonesia cuma ada di 2 universitas, yang univ negeri cuma UI. Untuk peluang ars interior UI, meskipun baru tapi untuk ke depannya sedang sangat dibutuhkan. Jurusan arsitektur interior juga sedang berkembang di Eropa sana :). Asal bisa masuk dulu, semua bisa dipelajari di kuliah dari awal. Tes di kuliah ada, tapi khusus ars dan ars interior kita pakai sistem studio, jd tes nya langsung berupa praktek dan karya. Biaya kalo di UI kita pakai BOP-B yaitu Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan. artinya bisa setiap orang bisa bayar kuliah dengan jumlah berbeda tergantung kemampuan

      Delete
  50. Ka saya Ari, mau nanya ka, Biaya kuliah design interior UI rata'' kebanyakan berapa ka? semua buku buku di UI pembelajarannya memakai bahasa inggris gak ka?

    ReplyDelete
  51. Biaya kuliah maksudnya bayar semesteran ya? Untuk semua prodi di UI, untuk teknik berkisar dari 100rb-7,5jt /smester, tergantung dari program BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan). Untuk buku, yang dikasih memang lebih banyak rujukan buku berbahasa inggris. Tapi untuk buku biasanya kita pinjam di perpus, fotokopi rekomendasi dosen atau download ebook.

    ReplyDelete
  52. Kak, mau nanya.. kira-kira peluang masuk ars interior th ini tmbah berat gk? trus soal Simak UI itu formatnya gimana?

    ReplyDelete
  53. Kak, saya insyaAllah lulus tahun depan. Dan saya punya planing untuk masuk jurusan disain interior. Nah kalau di UI kan ga ada disain interior ada nya arsitektur interior. Sebetulnya arsitektur interior UI dan disain interior yg ada d PTN lain ama atau berbeda? Soalnya di PTN lain disain interior adanya di fakultas seni kak.

    ReplyDelete
  54. iya agak berbeda memang desain interior dan arsitektur interior.. Kalau desain interior berasal dari seni rupa, lebih kepada estetika.. kalau arsitektur interior lebih ke interioritas, kaitannya lebih ke tentang spasial dan ke arsitektur itu sendiri.. Pasti berbeda karena dasarnya pun berbeda..

    ReplyDelete
  55. Kak, aku masih kelas 1 SMA, dan Jurusan IPA. Karna kurikulum 2013, jad sudah ada jurusan dikelas 1. Udah liat-liat passing grade Arsitektur di UGM, ITB, dan UI hehehe :3 Doain ya kak, tahun 2016 passing grade nya turun. Soalnya peingin banget masuk Aritektur interior. terimakasih kakak~

    ReplyDelete
  56. Maksih kak info nya ..
    Kepake semua infonya ..

    ReplyDelete
  57. Replies
    1. Eh eeplitaa~ haloooh~ gimana niiih kakaknya yang jurusan arsitektur? hhee

      Delete
  58. ih ame pake waktu bagian mana nih? sekarang tgl 10 juli jam 13:52 loh :/ #oot

    ReplyDelete
  59. halo, kak. saya anak kelas X. minat banget pengen sekolah di UI jurusan arsitek interior.
    saya pengen nanya, passing grade 49,5 % itu maksudnya nilai apanya ya kak?
    hehe, saya kurang tau soalnya. mohon dijawab ya kak :) mkasih

    ReplyDelete
  60. passing grade itu tingkat keketatan, bukan nilai sih sebenarnya. Jadi diukur kuota diterima berbanding peserta yang berminat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu. Berarti semakin tnggi semakin susah ya, kak masuknya?

      Delete
  61. semakin tinggi, semakin banyak yg berminat, tergantung kualitas saingan2nya juga

    ReplyDelete
  62. kak, di ars interior ui belajar apa aja? Kalo kemampuan dasar (mtk, fisika, gitu2), yg paling dibutuhin buat arsitektur apa ya?

    ReplyDelete
  63. aku 2 tahun di sma biasa2 aja, nilai sains-nya standar banget, kayaknya peluangku ga di snmptn :" tes simaknya berat ga kak?

    ReplyDelete
  64. kak, arsitektur interior sama desain interior itu bedanya apa sih kak?

    ReplyDelete
  65. Hai kak mau nanya dong, emang rata2 mahasiswanya di arsin cewe ya?

    ReplyDelete