Saturday, June 9, 2012

Project 2 PAI-1 Tehyan dan Cengkok

Nah untuk membuat ruang hobi ini, gw memilih untuk mewawancara Pak Diman, salah satu pemain tehyan terbaik yang sangat berpengalaman bermain alat musik Betawi, yaitu Tehyan. Kelompok gw milih Tehyan karena keunikannya sebagai alat musik gesek tradisional. Kerennya, untuk mainin alat musik ini harus pake feeling karena ga ada patokan nadanya. Pokoknya mantaplah :D

Proses membuat Ruang Hobi ini yaitu:

-Wawancara 





Awalnya bingung, apanya yang mau di tanya-tanya biar tepat sasaran ke desain yang nanti kita bikin. Tapi coba eksplor apa aja, bisa jadi waktu dia melakukan hobi, peralatan yang dia pakai, cara dia bermain, bagaimana ia bergerak dan berperilaku saat melakukan hobinya, dan lain-lain. Jadi kita nanti bener-bener menemukan intisari dan ciri khas yang benar-benar membedakan ia antara orang yang mempunyai hobi yang sama. Lalu dari sana kita bisa menentukan tema atau kata kunci utama dari desain kita.

- Kata Kunci / Initial Statement

Setelah wawancara, saatnya kita mengolah semua data yang kita dapat tentang klien, lalu kita tentukan kata apa yang paling menggambarkan ia dan hobinya. Untuk Pak Diman dan tehyannya ini, gw pilih kata 'cengkok' karena kalau ngedengerin permainannya Pak Diman, pasti rasanya pengen joged-joged, mendayu-dayu, meliuk-liuk, pokoknya ada nada yang sering dia improvisasi tapi jadi lebih ada aksennya. Makanya gw pilih cengkok~

-Kualitas Ruang

Nah setelah dapet kata kuncinya, kita break down lagi kata nya, hubungin dengan berbagai istilah juga bisa, lalu bisa kita hubungin ke bentuk. Kalo gw, dari cengkok tadi, gw pilih meliuk, bergelombang, tapi ada kejutan-kejutan atau aksennya secara teratur. Nah dari sini coba-coba aja deh bikin maket studi. Nah dari maket studinya juga bisa kita eksplor lagi jadi bermacam-macam bentuk dan kualitas ruang.







-Eksekusi desain

Dari Kualitas Ruang tadi, bisa kita hubungin ke program ruang, site, view, penghawaan, struktur, dan lain-lain. Pokoknya prosesnya bisa bolak-balik deh sampe kita menemukan yang kira-kira cocok. Proses ini nih yang agak melelahkan soalnya mesti sering-sering konsultasi sama fasil tentang macem-macem. Nah kalo gw jadinya kayak gini









Hyaaah begitulaah proses yang gw kerjain XD
Karena masih harus belajar banyak, maaf yaa kalo ada yang salah-salah hhee~~

7 comments:

  1. Keren banget kak!
    Gimana cara bikinnya tuh? ga ngerti
    Pengen masuk arsin juga nih kak semoga bisa ya :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. mohon maaf bapak diman sudah meninggal hari Senin tgl 12 Juni 2017 di Depok, saya anaknya, mohon doa untuk bapak saya

      Delete
    2. Innalillahi wa Inna Illaihi Raajiuuun.. semoga Pak Diman mendapat tempat terbaik di sisi Allah.. turut berduka cita

      Delete
  3. Replies
    1. Halo, untuk ketemu Pak Diman, bisa langsung mengunjungi Pusat Informasi Kebudayaan Betawi Setu Babakan :)

      Delete