Friday, May 27, 2011

Arsitektur Interior UI

Selengkapnya tentang Arsitektur Interior UI buat yang masih bingung hheheee
Ini gw copas dari Panduan Akademik S1 Teknik 2010 yang dikeluarin FT yaaa


KURIKULUM PROGRAM STUDI ARSITEKTUR INTERIOR
 
Visi
Menghadirkan sebuah institusi pendidikan arsitektur yang berkualitas unggul yangmendapatkan pengakuan nasional dan internasional, dalam rangka membina calon lulusan yang berpikiran kritis, bersikap bijaksana, bertindak kreatif dengan wawasan global namun tetap memperhatikan kearifan lokal dan lingkungan.
 
Misi
Menyelenggarakan pendidikan arsitektur interior yang berkualitas yang mendorong pengetahuan perancangan, kemampuan yang diperlukan bagi lulusan individu dan profesional, nilainilai yang diperlukan untuk menjadi anggota masyarakat dan sikap tanggap pada persoalan yang terkait dengan ruang hidup manusia. Program studi arsitektur interior berorientasi untuk membentuk komunitas arsitektur yang bhinneka, mempunyai kepekaan sosial yang baik dan mempunyai kemampuan akademis yang tinggi agar mampu bersaing dalam dunia global.
 
Program studi arsitektur interior akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan responsif terhadap lingkungan, mengembangkan kurikulum yang dinamis sesuai perubahan dan kemajuan IPTEK, menerapkan metoda pembelajaran yang mendorong untuk berpikir kritis dan kreatif serta mengembangkan jejaring kolaboratif dengan lembaga pendidikan dan riset lain serta masyarakat dan professional.
 
Tujuan Pendidikan
Program Studi Arsitektur Interior (PSAI) FTUI bertujuan mengembangkan program pendidikan yang responsif terhadap persoalan aktual dan krusial di dalam masyarakat, mengembangkan pendekatan multi disiplin dalam pendidikan, riset secara nasional dan internasional serta mengembangkan jejaring kerja dan pendidikan dengan badan-badan dan institusi terkait.
 
Lulusan
Sarjana Program Studi Arsitektur Interior akan mampu menerapkan ilmu arsitektur interior dalam pemanfaatan sumberdaya dan kekuatan alam. Secara mandiri mampu bersikap positif dalam menerapkan pengetahuan arsitektur interior yang dimilikinya dan dapat mengembangakn ilmunya secara bijaksana sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Memiliki kemampuan menganalisa dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat yang berkaitan dengan bidangnya. Dapat berkerja dalam bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan pengawasan berdasarkan konsep rekayasa. Memahami perancangan ruang dalam sebagai bagian dari perancangan ruang luar sehingga kepekaan terhadap teknologi dan konstruksi bangunan melengkapi nilai estetika perancangan.
 
Bidang Kerja
Sebagai arsitek interior dalam perancangan interior bangunan perumahan, bangunan komersial, rumah sakit dan juga interior bangunan umum lainnya. Dapat pula bekerja sebagai design principal pada konsultan interior,
corporate designer atau perancang setting film, TV, teater serta pengajar dan kritikus.

Seorang Calon Sarjana Arsitektur Interior wajib menyelesaikan perkuliahan dengan hasil lulus (nilai minimal C) minimal sebanyak 145 SKS yang terdiri atas : mata kuliah dasar teknik 12 sks, mata kuliah umum universitas 12 sks, mata kuliah dasar keahlian 28 sks, mata kuliah keahlian 64 sks dan mata kuliah pilihan 29 sks
 
(untuk jelasnya lihat gambar 3.5.1)
 
Apa bedanya Arsitektur Interior UI dengan Desain Interior universitas lain?

Kurikulum 2008 Program Studi Arsitektur Interior disusun dengan mempertimbangkan keunggulannya yaitu  berada pada Departemen Arsitektur FTUI dan juga di Universitas Indonesia. Kurikulum Program Studi Arsitektur Interior bertolak dari disiplin ilmu Arsitektur, bukan dari disiplin Seni Rupa. Di Program Studi ini, mahasiswa akan diberi pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk memberi kesempatan mereka mengembangkan diri dalam perancangan arsitektur interior dengan yang secara khusus berada pada ranah arsitektur, tentu yang berkaitan dengan penciptaan ruang dalam dan penciptaan perangkat ruang dalam. Kurikulum Program Studi Arsitektur Interior di Fakultas Teknik UI memberi kesempatan pada mahasiswa Program Studi Arsitektur Interior untuk memiliki dasar-dasar rekayasa (basic engineering), suatu kemampuan yang tidak mereka dapatkan di program studi arsitektur interior yang pada umumnya bernaung di bawah Fakultas Seni Rupa dan Design.



Mata Kuliah Pilihan (29 sks)

AIF200801 Manajemen Proyek 3
AIF200802 Utilitas Bangunan 3
AIF200805 Metode Penelitian 3
AIF200808 Psikologi Arsitektur 3
AIF200809 Kerja Praktek I 3
AIF200810 Presentasi CAD - Archicad 3
AIF200811 Arsitektur Etnik 3
AIF200812 Fotografi 3
AIF200832 Kerja Praktek II 3
AIF200833 Sejarah Arsitektur II 3
AIF200828 Kapita Selekta 3
AIF200820 Lingkungan Daur Hidup 3
AIF200822 Hukum Pembangunan dan Perburuhan 3
AIF200824 Akustik 3
AIF200825 Tata Cahaya 3
AIF200834 Design Produk 3
AIF200826 Studi Kelayakan Proyek 3
AIF200835 Seni Rupa II 3
AIF200836 Teknik Presentasi 3
AIF200827 Pusaka Arsitektur 3
AIF200837 Bangunan Hemat Energi 3

untuk apa aja yang udah gw pelajarin di smester 2, nanti pas libuan yaa gw ngeposnya hihiii

56 comments:

  1. pengen nanya banget, jadi sebnernya desain interior sama arsitek interior itu sama apa beda?
    trus maksudnya arsitek interior desain itu kita jadi arsitek yang ngedesain rumah atau gimana? makasih :))

    ReplyDelete
  2. kalau desain interior itu biasanya ada di fakultas seni rupa dan desain, yang bisa dimasuki oleh anak IPA maupun IPS. Jadi patokannya berasal dari senirupa

    Kalau arsitektur interior UI, ada di dalam departemen arsitektur, yang masuk ke Fakultas Teknik. jadi asal ilmunya dari IPA. Disini anak interior juga wajib belajar kalkulus, aljabar linear sama fisika dasar buat ngasah logikanya. Jadi kita sbg anak interior ga cuma tau ngedesain aja, tapi kita juga tau logika gimana desain itu kita bangun, begitu :D

    Jangan terpaku kalo desain interior itu cuma bisa desain rumah karena lingkupnya ternyata luas banget loh. Banyak aspek yang kita pelajarin dan bisa di aplikasikan ke berbagai bidang, begitu :D

    ReplyDelete
  3. kalo dari ips gimana? berat gak kira2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin agak berat di mata kuliah dasar teknik yaa salnya belajar kalkulus, fisdas, aljabar linear

      Delete
  4. kalo gk bisa fotografinya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotografi itu pilihan kok, gabisa juga gapapa, nanti kan belajar sedikit-sedikit juga hhee

      Delete
  5. mau tanya dong serunya belajar interior tuh gmn? apa harus bisa gambar bagus atau gmn buat masuk interior? sepertinya minat nih soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar bagus nanti bisa dilatih :) asal ada passion pasti bisa

      Delete
  6. apa bedanya jurusan arsitektur dan arsitektur interior di UI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau arsitektur teorinya dari luar ke dalam, kalo arsitektur interior berpikir dr dalam keluar, awal2nya menu pembelajaran hampir sama kok,

      Delete
    2. bisa lebih diperjelas lagi bedanya arsitektur dan arsitektur interior ga?

      Delete
  7. ka,boleh tanya?
    saya ingin masuk ui jurusan arsitektur,tapi karna arsitektur lebih ke ipa (sedangkan saya ips) jadi saya ingin jurusan desain interior. tapi diatas dijelaskan jurusan arsitektur interior
    prtanyaan saya:
    a. apa di UI memang ada 2 jurusan , desain interior dan arsitektur interior, atau kedua jurusan itu adalah jurusan yang sama?
    b. saya punya teman di UI, dia bilang kalau mau masuk desain interior ke PNJ, memangnya PNJ dengan UI masih satu kampus? tapi beda direktorat?

    maaf ka saya masih bingung,mohon info lebih lenkapnya ya ka, trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. a. Di UI hanya ada 2 jurusan, arsitektur interior dan arsitektur, beda looh desain interior dan arsitektur interior :)
      kalau ga salah di Indonesia hanya ada 2 universitas yang menyediakan arsitektur interior, arsitektur interior cenderung baru memang di indonesia, tp di luar negeri sudah lebih jelas jobdesknya

      b. UI dan PNJ beda :)

      Delete
  8. aku pengen banget kak masuk arsitekur interior UI. :) boleh minta doanya buat masuk jurusan ini kak? :')

    ReplyDelete
  9. kalau mau masuk kesana, ada tes gambarnya ga? kalu jalur indangan harus pake portofolio? Makasih

    ReplyDelete
  10. biaya kuliah nya tinggi ga untuk jurusan desain interior? kok di website UI ga ada keterangan soal 2 jurusan itu ya ? minta info lagi dong . misal nya mesti punya basic apa ( selain gambar ya ) apa harus pinter di fisika walaupun gw ipa tp gw ga suka fisika:) ya lebih detail lagi info nya . soal nya gw pengen bgt nge buktiin klo passion gw kul di desain worth it buat ke dapan nya .thank you pls reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya ingetin aja, kita arsitektur interior, bukan desain interior ya :) kalo desain interior basicnya memang senirupa, tapi krn kita basic nya ars jdnya masuk ke teknik dan belajar fisika dan aljabar linear. Pelajarannya hampir sama kayak di SMA kok jd ga gitu berat, cuma lanjutan aja dan materinya hanya yg berhubungan dgn ars.

      Delete
  11. aku pengen bgt masuk yang berhubungan dengan interior gini kak! susah ga sih tes masuknya? apa aja sih yg di test kak? dan mahal gak sih biayanya? terus... emang bener2 harus pinter fisika ya kak? walopun aku ipa.... fisika ku ga pinter2 banget nih.. please banget infonya kak.. gomenasai banyak nanya-_- arigatou! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok tesnya kayak jurusan lain, ga dibedain. Mahal atau ga juga bisa disesuaikan kan UI punya program berkeadilan, disesuaikan dgn kemampuan keluarga :) fisika cuma basic kok, pernah dipelajarin di SMA juga

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. saya mw bgt msk arsitektur interior tpi sya lemah bgt ingatan.a klw di itung"an di mtk.a

    ReplyDelete
  14. ka saya berminat tpi saya ga bsa gambar, gmn nih kak?

    ReplyDelete
  15. kak saya mau nanya, emang bener ya kalo interior itu kebanyakan itu cewek pelajarnya? soalnya temen2 saya yang pilih fakultas ini semuanya cewek (fyi:sya cowok)
    saya seneng bgt sama arsitektur dan semoga bisa keterima pas SIMAK nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ga masalah juga sih banyakan cewe atau cowo :) tapi memang sekarang interior isinya banyakan ceciwik-ceciwik :)

      Delete
  16. ka untuk makul pilihan tiap semesternya bisa beda-beda kan? apa gimanah? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun-tahun pertama sudah dipaket, tahun berikutnya ada yang wajib diambil, ada mata kuliah pilihan yang kamu tentuin sendiri

      Delete
  17. Kak kalo di design interior lebih banyak gambar ke teknik atau gambar real gitu kak? Makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama porsinya dua2nya. Tapi untuk awal lebih sering eksplor gambar tangan / sketsa

      Delete
  18. kak sorry mau tanya fisika basic nya yang paling sering di pakai kaya apa yaa...???

    ReplyDelete
  19. arsitektur interior passing gradenya tinggi ga kak?

    ReplyDelete
  20. Arsitektur interior itu salah satu bagian dari arsitektur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi di Teknik UI ada beberapa Departemen, salah satunya Departemen Arsitektur. Nah Departmen arsitektur ini menaungi 2 jurusan, arsitektur dan arsitektur interior.

      Delete
  21. kalo mau masuk arsitektur interior UI lewat jalur undangan berarti pilihnya arsitektur UI gitu ya?
    arsitektur interior itu peminatan dari arsitektur atau beda jurusan? mohon dijawab ya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan arsitektur interior sudah langsung dibedakan dari jurusan arsitektur, tapi dua jurusan ini memang berada dibawah Departemen Arsitektur UI. Jadi langsung pilih jurusan dari awal. Kita ga ada peminatan dsb kok

      Delete
  22. ka denger denger katanya Arsin UI bner bner harus kreatif ? kata kaka susahan masuk ars atau arsin ? trs dngr" arsin ga cocok untuk cowo, katanya cwe banding cwo sampe 5 : 1 haha beneran ? ga enak dong bagi cwo" yang mau masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kreativitas memang selalu dituntut~
      ga ada yang lebih susah atau lebih mudah, intinya kamu passion di mana?
      siapa bilang ga cocok untuk cowo? Banyak profesional interior juga cowo kok :)

      Delete
  23. kak mau tanya dong, kan kata kakak Teknik arsitektur dan Arsitektur Interior di UI itu samasama di departemen teknik arsitektur-nya UI. Kalo teknik arsitektur bisa eksterior dan interior ya? kalo arsitektur interior kan khusus di interior, kirakira bisa eksterior juga ga? tolong dijawab ya kak soalnya pengen banget masuk Arsitektur Interior UI tapi masih rada bingung disitu tadi yang aku tanyain. Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gini urutannya: Fakultas Teknik > Departemen Arsitektur > isinya: Program Studi Arsitektur dan Program Studi Arsitektur Interior. Ga ada eksteriornya :)
      Prodi ars dan arsin dua2nya bisa mengerjakan interior dan fasad sebenernya. Tapi pola pikirnya kalau ars dari luar ke dalam, kalau interior dari dalam keluar

      Delete
    2. oh iyaiya paham. terus intinya ke prospek kerja sendiri, kalo anak arsin bisa ngerjain bangunan bangunan eksterior gitu nggak kak? atau bisanya yang interior doang?
      prospek kerja antara ars sama arsin sama nggak kak?
      makasih kak mohon dijawab ya. maaf banyak tanya :|

      Delete
  24. Nah, itu bedanya juga dengan desain interior, ibaratnya kita ga cuma merancang apa ayang ada di dalam kotak kosong. Kalau menurut kita kotak kosong itu ga harus kotak, arsin punya wewenang merubah bentuk si kotak itu.
    Prospek kerja lihat post aku yg lain aja yaa, aku tulis dsana juga kok~

    ReplyDelete
    Replies
    1. oohh gitu, oke aku cek. makasih kak :D
      terus kak tau nggak kirakira nilai yang dibutuhin di rapot buat jalur SNMPTN berapa? ._.

      Delete
    2. Nah, itu cari tahu sendiri yaa. Aku ga ngerti soalnya sistem aku dulu beda banget dengan yang sekarang.

      Delete
  25. kk, aku mau tanya setau kakak yg udah lulus dari ?

    ReplyDelete
  26. setau kakak, lulusan arsi interior ui yg kakak kenal udah kerja apa aja kak? dan kakak minat kerja apa sehabis lulus nanti?

    ReplyDelete
  27. fisdas sama kalkulus dan sejenisnya susah nggk kak?

    ReplyDelete
  28. Hai kak saya berminat untuk arsitektur interior tapi saya gak suka mata pelajaran ipa. Saya sendiri jurusan ipa, untuk mengikuti pelajaran saya masih bisa tetapi apa ketidak sukaan saya akan berpengaruh ke passion saya? Sebetulnya saya hanya takut saya tidak mampu mengikuti fisika di kuliah kak.. apa perbedaannya signifikan dengan fisika sma?

    ReplyDelete
  29. kak, jurusan arsitektur interior ini ada di universitas mana saja dan bagaimana dengan peluangkerjanya kak??

    ReplyDelete
  30. hemm kalau untuk fisika waktu tahun saya, beda sistem dengan junior2 jd mungkin komen aku ga valid2 amat yaa. Yang dipelajari di fisika cuma beberapa topik aja kok, mungkin yang berkaitan dengan arah gaya dll.. berguna buat logika struktur sih nantinya (maap yak udah lupa banget hhaa). Ga banyak kok porsinya hhaa. Nikmatinnya cuma 1 semester hhee.. lebih berasa jadi anak senirupa malah dibanding anak IPA hhaa

    ReplyDelete
  31. Kak kan wkt itu ada bedah kampus ui terus saya nanya perbedaan arsi sama arsin terus katanya kalo arsin itu udah dianggap jago gambarnya jadinya nggak perlu diajarin lagi sedangkan kalo arsi itu masih diajarin,emang bener ya kak duh jadi berfikir fikir lagi masuk arsin soalnya saya nggak jago banget gambarnya

    ReplyDelete
  32. Mau nanya dong. Kalau lulus gelarnya apa? Terus bisa ikut tes IAI buat dapet gelar arsitek nggak? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. S.Ars kok. tetep sarjana arsitektur. untuk bs gabung sama IAI msh diperjuangkan, sementara ini baru HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) yang terima arsitektur interior, karena masih aneh di indonesia jurusan ini :) kalo di Eropa sih udah banyak yang ada prodi Interior Architecture

      Delete
  33. kalo mau masuk arsitektur interior apa yang harus disiapkan dan dilatih dari sma ya kak? terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berjuang untuk lolos seleksi aja dulu :) sementara itu mungkin keterampilan gambar kali yaa

      Delete
  34. Prospek kerjanya jadi gimana ka?
    Maaf ya ka saya denger2 testi dr sini : http://plumasumsi.blogspot.com/2011/05/arsitektur-interior-ui.html jadi aga merinding juga ka, gimana tuh?

    ReplyDelete