Thursday, July 24, 2014

Studio Tugas Akhir(at)



Hawa-hawa semester akhir kuliah sudah semakin terasa sepertinya. Saya, yang ambil tugas akhir pun mulai ngerasa insecure bagaimana semester ini bakal berjalan. Apakah bakal menyenangkan? Bakal nyebelin? Bakal bikin mumet dan gila seperti studio perancangan semester-semester sebelumnya? Mau curhat ah tentang si tugas akhir(at) ini.

"Lo gak jadi ambil skripsi?"

Yayayaa... saya orangnya memang suka plinplan. Besok ngomong begini, besoknya berpikir begitu. Begitu pun dengan keputusan-keputusan krusial macem semester akhir ini. Jurusan saya, arsitektur interior, memperbolehkan kita untuk memilih, mau ambil skripsi atau tugas akhir. Memang apa bedanya?

Skripsi, yaa kajian tertulis. Kita mengambil suatu topik untuk di kaji secara literatur, dituangkan dalam sistematika penulisan karya tulis ilmiah. Belum se expert penelitian tapi lebih ribet dari PKM atau lomba-lomba bikin paper

"Kalau TA?"

Hemm... sederhananya, merancang lagi. Tapi setiap rancangan yang kita buat kali ini berlandaskan kajian teori juga. Jadi, TA juga banyak studi literatur, juga menulis. Nanti rancangan yang kita bikin juga dibuat hasil laporan tertulisnya kok, tapi plus plus presentasi konsep, gambar kerja dan model.

"Ribetan TA dong?"

Hemm... saya gak bisa bilang mana yang lebih ribet, mana yang lebih susah. Tiap pilihan ada resikonya, ada lebih dan kurangnya. Tapi bobot sks sih lebih besar TA, yaitu 11. Sedangkan skripsi 8 sks. Kalau TA kita dicek di studio setiap hari (bahkan lembur nginep di kampus). Kalau skripsi, minimal seminggu sekali dateng ngampuslah buat bimbingan. 

"Terus kenapa pilih TA???"

Hohohoo...
Pertanyaan ini sebenernya lama-lama jadi agak nyebelin buat saya yang ambil keputusan last minute. Saya pilih TA soalnya saya mau tahu, saya benar-benar berkompeten ga sih di bidang ini? Apakah saya sudah sadar akan ciri khas saya? Apa bidang ini yang benar-benar mau saya tekuni di kemudian hari? Buat saya yang kurang puas dengan nilai di perancangan terakhir, bisa jadi TA adalah ajang balas dendam saya yang waktu itu kurang abis-abisan ngabisin PAI-5. Bisa jadi TA ini titik balik dan belok saya. Bisa jadi TA ini jalan tol menuju ke mimpi saya selanjutnya. Saya pikir, mau nanti saya berhasil atau gagal di TA, gak ada ruginya kok. Soalnya banyak banget pelajaran yang bisa diambil. Yang saya tidak mau, saya lulus asal-asalan. Asal ikutan arus "keluar dulu baru tentukan nanti abis lulus". Pokoknya dengan segala resiko dan keputusan menyenangkan yang saya ambil sendiri, saya mau semester terakhir saya SERU! 
...dan saya rasa, sampai pertengahan semester terakhir ini, keseruan demi keseruan bakal terus berlanjut...











Saya punya asisten buat ngelemin maket loh~



4 comments:

  1. hola kak,, aku suka tulisannya kakak, asik-asik :D
    btw aku kepengen masuk arsitektur interior nih kak, bisa nanya2 lbih lanjut via fb gak kak? fb kakak namanya apa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Holaa~ makasih juga sudah berkunjuung~ gapapa bisa ngobrol2 aja fb aku Ade Amelia atau add email ameadelia@gmail.com

      Delete
  2. Duh kak, jadi kepingin masuk arsin UI :D btw aku anak IPS nih, terus kira-kira hambatan buat anak IPS yg masuk arsin apa aja yah? ada gk temen kakak yg SMAnya IPS? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee silakan aja kok kalau mau dan berminat. Mungkin hambatannya lebih giat lagi buka2 buku matematika dan fisika nya. Soalnya ada mata kuliah aljabar linear,kalkulus dan fisika dasar sebagai mata kuliah wajib teknik.

      Delete